GAME PUZZLE WAYANG
LAPORAN KERJA PRAKTEK
Diajukan guna memenuhi persyaran
Kerja Praktek
Pada Program Studi Teknik Informasi
Fakultas Teknik Ilmu Komputer
SAHID ZAENUDIN
0610300755201120058
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2017
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Budaya
adalah suatu hal yang pokok dalam sistem tatanan masyarakat, namun seiring
perkembangan zaman saat ini, semakin pudar rasa akan cinta tradisi budaya
nusantara ini. Menjaga budaya adalah kewajiban dari seluruh masyarakat pribumi
maupun non pribumi, untuk melestarikan budaya dapat dilakukan dengan
berbagai cara. Game adalah salah satu
cara yang mengasikkan dan tidak membosankan, dan merupakan terobosan yang cukup
bagus mengingat kemajuan teknologi begitu maju.
Game secara naluri adalah bagian dari kehidupan manusia. Hal ini didasarkan
kenyataan bahwa manusia sangat
menyukai sebuah permainan.
Namun, saat ini
game dengan unsur
edukasi di dalamnya sangat
jarang ditemukan. Oleh
karena itu, berbagai
pendekatan terus dikembangkan
untuk membuat sebuah game. Game dengan Genre Puzzle sudah banyak sekali
jenisnya. Namun game yang bertemakan budaya sangatlah sedikit sekali. Terutama
buadya jawa yang banyak sekali, salah satunya wayang.
WAYANG
salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara
banyak karya budaya lainnya. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum agama
Hindu masuk ke Pulau Jawa. Walaupun cerita wayang yang populer di masyarakat
masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India, yaitu Ramayana dan
Mahabarata. Kedua induk cerita itu dalam pewayangan banyak mengalami pengubahan
dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia.
1.2 Rumusan
Masalah
Untuk
membuat suatu
game puzzle yang bertemakan budaya dibutuhkan banyak sekali pengetahuan tentang
budaya terutama tentang wayang. Adapun rumusan masalah untuk membuat game
puzzle adalah sebagai berikut:
a. Pengertian
dan cerita wayang
b. Bagaimana
membuat desain game Puzzle
c. Bagaimana
cara membuat game dengan flash
1.3 Tujuan
Kerja Praktek
Adapun penulis dalam melaksanakan
Kerja praktek diantaranya yaitu:
a. Dapat
melestarikan budaya nusantara terutama wayang.
b. Dapat
menambah minat masyarakat terhadap budaya nusantara.
c. Dapat
merealisasikan budaya nusantara pada sebuah game.
d. Membuat dan merancang game puzzle wayang.
1.4 Manfaat Kerja Praktek
1.4.1 Bagi
UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo
a. Guna
menambah kepustakaan, dan juga sebagai bahan referensi untuk mahasiswa UNSIQ
dalam pembuatan laporan kerja praktek.
b. Sebagai
bentuk tanggung jawab untuk turut serta dalam memanfaatkan teknologi, khususnya
teknologi informasi dan komputer.
1.4.2 Bagi
Penulis
a. Sebagai
media pembelajaran guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Budaya nusantara terutama wayang.
b. Sebagai
media untuk mengimplementasikan apa yang telah dipelajari di bangku
perkuliahan.
c. Sebagai
syarat guna memenuhi mata kuliah kerja praktek.
d. Dapat
menambah pengalaman ketika membuat sebuah aplikasi game.
1.5 Metode
Penulisan
Dalam
kerja praktek ini penulis melakukan metode pengumpulan data Kepustakaan, yaitu
Penulis memanfaatkan teori-teori yang ada yang menyangkut ilmu-ilmu sistem
informasi dan teknologi informasi khususnya dalam game puzzle.
1.6 Sistematika Penulisan
Sebelum
mengemukakan dan membahas penelitian ini lebih lanjut, terlebih dahulu akan
dikemukakan sistematika penulisan yang akan dipergunakan dalam penulisan
laporan kerja praktek ini agar lebih terarah sesuai dengan fokus tujuan yang
dikehendaki. Adapun sistematika penulisan dari laporan kerja praktek ini adalah
sebagai berikut :
BAB
I PENDAHULUAN
Berisi Latar Belakang
Masalah, Rumusan Masalah, Pembahasan Masalah, Tujuan Kerja Praktek , Manfaat
Kerja Praktek, Metode Pengumpulan Data dan
Sistematika Penulisan.
BAB
II LANDASAN TEORI
Berisi tentang teori dan
sumber-sumber lain yang dapat di pertanggung jawabkan dan dapat di pergunakan
sebagai acuan dalam pembahasan masalah.
BAB
III METODOLOGI DAN PERANCANGAN
Berisi tentang Metode dan
Perancangan didalam game puzzle wayang.
BAB
IV PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang
pembahasan poin-poin rumusan masalah yang telah di sebutkan sebelumnya.
BAB
V PENUTUP
Berisi tentang suatu
kesimpulan dari pokok bahasan disertai saran-saran menyangkut permasalahan yang
ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar