Minggu, 28 Januari 2018

Contoh Laporan Game Puzzle Wayang


GAME PUZZLE WAYANG


LAPORAN KERJA PRAKTEK

Diajukan guna memenuhi persyaran Kerja Praktek
Pada Program Studi Teknik Informasi
Fakultas Teknik Ilmu Komputer




SAHID ZAENUDIN
0610300755201120058




PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS SAINS AL-QUR’AN
JAWA TENGAH DI WONOSOBO
2017



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang                  
Budaya adalah suatu hal yang pokok dalam sistem tatanan masyarakat, namun seiring perkembangan zaman saat ini, semakin pudar rasa akan cinta tradisi budaya nusantara ini. Menjaga budaya adalah kewajiban dari seluruh masyarakat pribumi maupun non pribumi, untuk melestarikan budaya dapat dilakukan dengan berbagai  cara. Game adalah salah satu cara yang mengasikkan dan tidak membosankan, dan merupakan terobosan yang cukup bagus mengingat kemajuan teknologi begitu maju.
Game secara naluri adalah bagian dari kehidupan manusia. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa manusia sangat  menyukai   sebuah   permainan.   Namun,   saat   ini  game  dengan   unsur   edukasi   di dalamnya   sangat   jarang   ditemukan.   Oleh   karena   itu,   berbagai   pendekatan   terus dikembangkan untuk membuat sebuah game. Game dengan Genre Puzzle sudah banyak sekali jenisnya. Namun game yang bertemakan budaya sangatlah sedikit sekali. Terutama buadya jawa yang banyak sekali, salah satunya wayang.
WAYANG salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa. Walaupun cerita wayang yang populer di masyarakat masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India, yaitu Ramayana dan Mahabarata. Kedua induk cerita itu dalam pewayangan banyak mengalami pengubahan dan penambahan untuk menyesuaikannya dengan falsafah asli Indonesia. 

1.2  Rumusan Masalah
Untuk membuat suatu game puzzle yang bertemakan budaya dibutuhkan banyak sekali pengetahuan tentang budaya terutama tentang wayang. Adapun rumusan masalah untuk membuat game puzzle adalah sebagai berikut:
a.       Pengertian dan cerita wayang
b.      Bagaimana membuat desain game Puzzle
c.       Bagaimana cara membuat game dengan flash

1.3  Tujuan Kerja Praktek
Adapun penulis dalam melaksanakan Kerja praktek diantaranya yaitu:
a.       Dapat melestarikan budaya nusantara terutama wayang.
b.      Dapat menambah minat masyarakat terhadap budaya nusantara.
c.       Dapat merealisasikan budaya nusantara pada sebuah game.
d.      Membuat dan merancang game puzzle wayang.

1.4  Manfaat Kerja Praktek
1.4.1      Bagi UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo
a.     Guna menambah kepustakaan, dan juga sebagai bahan referensi untuk mahasiswa UNSIQ dalam pembuatan laporan kerja praktek.
b.    Sebagai bentuk tanggung jawab untuk turut serta dalam memanfaatkan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komputer.
1.4.2      Bagi Penulis
a.    Sebagai media pembelajaran guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang Budaya nusantara terutama wayang.
b.    Sebagai media untuk mengimplementasikan apa yang telah dipelajari di bangku perkuliahan.
c.    Sebagai syarat guna memenuhi mata kuliah kerja praktek.
d.    Dapat menambah pengalaman ketika  membuat sebuah aplikasi game.

1.5  Metode Penulisan
Dalam kerja praktek ini penulis melakukan metode pengumpulan data Kepustakaan, yaitu Penulis memanfaatkan teori-teori yang ada yang menyangkut ilmu-ilmu sistem informasi dan teknologi informasi khususnya dalam game puzzle.
1.6  Sistematika Penulisan
Sebelum mengemukakan dan membahas penelitian ini lebih lanjut, terlebih dahulu akan dikemukakan sistematika penulisan yang akan dipergunakan dalam penulisan laporan kerja praktek ini agar lebih terarah sesuai dengan fokus tujuan yang dikehendaki. Adapun sistematika penulisan dari laporan kerja praktek ini adalah sebagai berikut :

BAB I      PENDAHULUAN
Berisi Latar Belakang Masalah, Rumusan Masalah, Pembahasan Masalah, Tujuan Kerja Praktek , Manfaat Kerja Praktek, Metode Pengumpulan Data dan  Sistematika Penulisan.
BAB II     LANDASAN TEORI
Berisi tentang teori dan sumber-sumber lain yang dapat di pertanggung jawabkan dan dapat di pergunakan sebagai acuan dalam pembahasan masalah.
BAB III   METODOLOGI DAN PERANCANGAN
Berisi tentang Metode dan Perancangan didalam game puzzle wayang.
BAB IV   PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang pembahasan poin-poin rumusan masalah yang telah di sebutkan sebelumnya.

BAB V     PENUTUP
Berisi tentang suatu kesimpulan dari pokok bahasan disertai saran-saran menyangkut permasalahan yang ada.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar